Kamis, 18 Februari 2010

Semangat Setiap Saat: Alasan Pemilihan Nama Blog : Semangat Setiap Saat

Semangat Setiap Saat: Alasan Pemilihan Nama Blog : Semangat Setiap Saat




Alasan Pemilihan Nama Blog : Semangat Setiap Saat


Sederhana dan mudah di ingat, pertama alasan pemilihan judul Blog tersebut. Bahkan, kalimat tersebut mirip dengan beberapa tag lines dari beberapa merek yang sudah dengan gigih berjuang di pasaran. Ambil contoh:


Setia Setiap Saat, nah tag lines dan bahasa komunikasi yang dibangun sangat komunikatif dan sederhana. Pemiliknya adalah Produk Rexona, yang menggambarkan kesegaran setiap hari dan selalu menemani pemakainya. Jadi wangi setianya sepanjang hari.

Kedua dari contoh yang bisa kita ambil tag lines marketingnya adalah "Yakin Setiap Saat" milik Produk Rokok Wismilak Diplomat. Lama sekali tag lines dan bahasa marketing ini berdengung, bermula dari sekitar tahun 2000 dan bertahan sampai sekarang. Walau tak menampakkan kembali tag lines tersebut, bahasanya sudah melekat dan terlanjur menjadi kalimat inti dari setiap iklan yang dimuncukan. Terlepas dari kreatif atau tidak si pemilik merk tersebut. He he he... Kok bisa? Yup, karena saking lamanya sehingga mungkin agak ogah merubah bahasa marketing tersebut. Nyindir apa ngepaske ya?

Tapi jangan salah, karena lama dan tetap konsisten itulah, suatu produk dinilai atas kualiasnya dan kehandalan nama merk yang menjadi tulang punggung dari perusahaan. Jadi tak ada salahnya kan? KOnsisten terhadap Value Added, kualitas dan Differensiasi dari produk lain. Semisal Djarum Super, Gudang Garam International, Magnum, Dji sam soe Gold dan lain-lain.

Tapi sayang banget sentuhan differensiasi tak dimunculkan secara mendalam oleh pemilik merk tersebut. sehingga, kesan dari produk Rokok tersebut adalah sama dan tetap sama rasa dibanding dengan lainnya. apalagi sentuhan marketingnya terlihat stagnant dan monoton.

Yakin setiap saat, bercerita tentang Pemuda Gagah yang mempunyai konfidensi yang sangat tinggi sehingga dengan motivasi yang tinggi dan percaya diri tersebut mampu untuk menaklukkan semua rintangan dan masalah. Nah, kesan inilah yang sebenarnya dibidik Wismilak Diplomat dengan tag lines Yakin Setiap Saat. Seolah-olah, perokok Wismilak Diplomat adalah orang-orang yang punya Nilai, Berkelas dan sangat Confidence.

Penulis sangat hormat dan menghargai Tag Lines yang diangun oleh kedua Merk PAsaran tersebut. Terbukti, merk tersebutu bertahan sangat lama di pasaran dan menjadi Product Fast Moving di perusahaan masing-masing.

Penulis mengambil dari sisi manfaat dan nilai positive yang tergambar dari kedua motif yang dikembangkan kedua produk. Pada intinya, keduanya mempunyai persamaan tentang bangunan confidential yang di terapkan dalam setiap berkomunikasi dengan pelanggan masing-masing.

Nah, penulis sangat terinspirasi memunculkan Blog dengan Judul : Semangat Setiap Saat. Pada dasarnya manusia mempunyai rasa ingin Maju alias semangat dan Rasa Malas. Keduanya pada gilirannya akan menjelma dan bersemanyam di hati setiap manusia. Nah, dengan Jargon Semangat Setiap Saat, paling tidak orang yang akan membacanya sudah punya gambaran, bahwa semua masalah atau pekerjaan akan mudah dijalankan dan terselesaikan dengan manis ketika kita mempunyai SEMANGAT SETIAP SAAT.

So, kita tak boleh psimistis terhadap apa yang kita punya, bakat, tampang, Cantik atau Tampan, asal ada kemauan dan semangat yang tinggi ditandai dengan Confidencial yang tinggi akan sukseslah kelak setelah kita pantang menyerah.

Salam hangat dan Semangat Setiap Saat!!