Selasa, 15 September 2009

The 4 stages of Success:

Note dari Pak Tanadi Santoso berikut ini, semoga dapat menginspirasi teman-teman; selamat membaca!!


Dalam sebuah pengerjaan “project”, baik itu inisiatip perbaikan, rencana baru pembukaan toko, kemasan baru produk, inovasi layanan, ataupun sebuah produk service baru dari bisnis kita, maka ada 4 fase untuk proyek tersebut.

Fase 1. Explorer, dream phase. Fase Mimpi, fase untuk mencari idea, mencari data, melihat kanan kiri, membandingkan konsep satu dengan lainnya. Dalam fase mimpi ini,


yang dibutuhkan adalah curiosity, rasa keingintahuan yang besar. Pengamatan yang tajam, pemahaman trend yang sedang terjadi, dan pencarian apa yang akan kita kejar.

Fase 2. Artist, Believe. Pada fase artis ini, yang dibutuhkan adalah keterbukaan akan semua idea yang ada. Inilah fase proses kreatip, fase memakai topi hijau untuk secara berani menjadi orang yang terbuka akan idea apapun. Inovasi dimulai dengan idea gila dan keberanian memikirkan yang tidak umum. Opennes, jadi kunci sukses mencari idea yang terbaik yang bisa kita aplikasikan dalam bisnis kita. Disinilah sejuta idea gila kita ciptakan untuk membuat bisnis kita mampu melompat mengalahkan kompetitor kita.

Fase 3. Fase Judge. Setelah mempertimbangkan semua hal, bagaimana akhirnya kita bisa memilih yang terbaik untuk kita. Dari 10 idea yang terbentuk, mana yang akan kita jalankan, dan bagaimana menjalankannya supaya kemungkinan berhasil nya tinggi. Hakim berani mengambil keputusan, kita berani memilih tindakan, yang telah didasari pemikiran matang, observasi cukup, dan keberanian mengambil idea yang paling kita anggap mungkin sukses.

Fase 4. Fase Warrior. Disini kita harus menjadi serdadu perkasa, pahlawan bertameng baja yang berani berjuang sekuat mungkin untuk mencapai tujuan yang sudah kita putuskan. Inilah fase kerja keras, fase melakukan mimpi mimpi kita, fase menggunakan energi tinggi untuk membumikan mimpi2 kita dilangit. Fase ini membutuhkan kerja keras yang panjang, membutuhkan keyakinan tinggi, dan kemauan untuk mencapai apa yang kita targetkan.

Kalau kita sedang merencanakan sebuat inisiatip bisnis baru, maka perlu kita lihat sebenarnya dalam fase apa kita sekarang, sehingga tahu apa yang perlu kita kerjakan dan laksanakan. Proyek kecil, menengah, atau besar, semuanya sama akan butuh waktu dan fase yang berurutan seperti ini.
Mimpi apapun yang sedang anda kejar, semoga sedikit tulisan ini bisa menjernihkan pemikiran anda. Salam sukses selalu.

* Tanadi Santoso.

*) Diambil dari buku A whack at the side of the head. - Roger Van Oech